Friday, November 30, 2012

Karakteristik Monitor


A. Resolusi
Resolusi merupakan jumlah piksel yang dapat digambarkan oleh kartu grafis pada monitor. Pixel adalah elemen terkecil untuk menyatakan suatu image atau gambar. Semakin besar resolusi monitor, maka akan semakin bagus pula kualitasnya. Gambar akan semakin jelas dan halus. Ukuran umum untuk resolusi monitor yang banyak beredar sekarang adalah 1024x768, meski sudah banyak pula yang memiliki resolusi di atasnya. 
Berikut di bawah ini adalah tabel ukuran dan resolusi monitor.
Ukuran Monitor Resolusi
   14-inch 640x480
   15-inch 800x600 
   17-inch 1024x768
   21-inch 1280x1024


B. Refresh Rate
Refresh Rate merupakan kemampuan maksimal yang dilakukan monitor untuk menampilkan frame dalam satu detik. Hal ini akan berakibat kenyamanan pada mata kita yang menggunakannya, karena monitor yang memiliki Refresh Rate kecil akan membuat monitor seperti bergerak dan tidak stabil.

C. Horizontal Scan Rate
Horizontal Scan Rate adalah frekuensi dimana elektron melakukan pergerakan pada layar. Bagian ini akan mendukung penampilan monitor dengan resolusi tinggi. Akan terjadi kegagalan jika batas kecepatan scan rate melewati tingkat tekanan komponen di dalam sistem defleksi tingkat tinggi.

D. Color or Monochrome
Monitor warna (Color Monitor) memiliki tabung katoda dengan tiga penembak elektron yang masing-masing berhubungan dengan satu warna utama yaitu merah, hijau, atau biru. Hampir semua warna dapat diciptakan dari campuran warna-warna utama ini dengan spektrum yang sesuai.
Sedangkan Monitor Monochrome hanya mempunyai suatu CRT dengan satu penembak elektron. Hal itu akan berakibat bahwa warna yang nyata mungkin dihasilkan monitor adalah putih, hijau, biru atau apapun warna tunggal yang diinginkan.

E. Interlaced atau Non Interlaced Monitor
Interlaced merupakan proses penyapuan elektron dua kali untuk menghasilkan citra penuh. Hal itu akan mengakibatkan flicker (kedip) yang membuat mata kita sakit. Disarankan agar anda memilih monitor Non Interlaced sehingga mengurangi efek flicker tersebut.

F. Dot Pitch
Dot pitch merupakan ukuran yang menunjukkan jarak diagonal antar fosfor pada display. Semakin kecil dot pitch, gambar akan semakin jelas dan detail. Ukuran dot pitch ini bervariasi antara 0,15 mm sampai dengan 0,3 mm.

No comments:

Post a Comment